Minggu, 18 September 2016

Lebih Sehat, Lebih Bahagia.

Untuk orang yang alergi debu, udara dingin, asap, spora, segala jenis serbuk yang kecil-kecil, bahkan ketombe rambut sendiri seperti saya, harus benar-benar menjaga daya tahan tubuh. Karena sangat rentan terserang flu. Baru hujan terus menerus selama dua hari, baru masuk toko baju pengap, hidung langsung sensitif, bersin terus menerus.

 
Gambar dari Pixabay
Menjelang idul Adha kemarin serangan flu itu diperparah dengan demam dan kalau sudah begitu daya tahan tubuh meluncur turun. Padahal rencana untuk sudah disusun jauh-jauh hari rencana merayakan Idul Adha di Bandung sambil sebelumnya ke Kuningan jemput si Cikal dari asrama. Untuk perjalanan sepanjang itu saya pasti butuh stamina yang bagus, apalagi ada balita yang seringkali tingkahnya bertambah kalau di perjalanan. Akhirnya minum obat dan usahakan makan lebih banyak meski malas, setelah mulai pulih saya coba minum multivitamin Theragran-M yang disarankan teman.

Tips Menghindari Rintis Alergi Cepat Kambuh

Setelah mencari tahu, alergi yang saya rasakan itu bernama Rintis Alergi, atau alergi hidung ; alergen yang masuk melalui saluran napas (inhelen). Pencetus alergi seperti debu, spora, tungau dan sejenisnya itu enggak bisa diangap sepele, karena berkaitan dengan atshma bronkus, adanya radang di saluran napas.
^jadi, asma dan alergi yang saya derita sejak kecil ini duo combo yang tidak terpisahkan^
Sebenarnya dulu, kalau luang, saya suka melakukan beberapa upaya agar daya tahan tubuh baik dan alergi tidak mudah kambuh, Alhamdulillah kalau rajin sangat membantu. Seperti:
1.      Olah raga ; olahraga rutin atau setidaknya jalan kaki. Seperti yang sudah diketahui umum olahraga menngerakan seluruh anggota badan itu menyehatkan, kalau badan sehat alergi enggak mudah kambuh.
2.      Minum air putih yang banyak
3.      Rajin bersih-bersih rumah, supaya debu-debu si biang keladi alergi enggak mudah bersarang.
4.      Minum madu murni.
Sayangnya akhir-akhir ini saya enggak serajin dulu, jadilah alergi mudah kena, dilengkapi daya tahan tubuh menurun, flu dan demam selalu serangan yang paling pertama. Kalau sudah terkapar enggak ada lagi yang bisa dilakukan selain memperbaiki pola hidup dan istirahat yang banyak.
Bertekad dalam hati untuk rajin lagi, melakukan 4 hal di atas tadi, ditambah tips-tips yang baru saya temukan, diantaranya :
5.      Minum teh hitam/ teh hijau. Keduanya mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, kalau daya tahan tubuh baik, alergi tidak mudah muncul.
6.      Yoghurt non gula ; konon katanya yoghurt jenis ini dipercaya mencegah alergi sampai 40 %.
7.      Jahe ; minuman segala jenis yang mengandung jahe bisa menghangatkan tubuh dan mengurangi resiko alergi.

Nah, tuh, setelah terkapar baru deh cari-cari tips biar lebih sehat. Sudah terbayang keriangan dan kebahagiaan kumpul semua anggota keluarga dalam formasi lengkap. Saya enggak mau kehilangan kesempatan itu.

Saatnya butuh multivitamin

Setelah minum obat, banyak makan, banyak minum Alhamdulillah menjelang hari keberangkatan kondisi tubuh membaik, tapi sisa-sisa lemas masih ada. Lemas sampai sulit mengerjakan kerjaan rumah dan berkemas untuk pergi.
Waktu itu sempat lihat tentang Theragran-M, pas nanya ke teman ternyata itu multivitamin untuk orang dalam pemulihan dari sakit, rasanya saya ingin mencoba. Siapa tahu jadi punya kekuatan tambahan.
Mulai minum dulu satu sebelum pergi, tanpa sadar sepanjang jalan saya enggak mengeluh ketika si balita  rewel. Saya enggak mengeluh lemas atau ngantuk terus menerus. Pas besoknya, setelah diingat-ingat mungkin karena sempat minum Theragran-M.

Minum lagi lah satu pas Idul Adha, kemudian lupa kalau beberapa hari lalu saya sempat sakit saking merasa lebih cepatnya masa pemulihan.


Theragran-M
Multivitamin-Mineral
Lalu iseng-iseng saya perhatikan apa aja kandungan Theragran-M tersebut, isinya vitamin dan mineral yang memang sangat dibutuhkan tubuh.
Seperti yang kita tahu jenis vitamin itu banyak sekali dan semuanya dibutuhkan oleh tubuh kita. Sementara vitamin yang bisa diproduksi sendiri oleh tubuh adalah hanya vitamin D dan vitamin K, di luar kedua vitamin itu tubuh harus mendapat asupan vitamin. Bisa dengan cara makan-makanan sehat atau dengan meminum suplemen seperti Theragran-M.

Kemudian tentang mineral, sama pentingnya dengan vitamin bagi kesehatan dan mencegah penyakit. Mineral dan vitamin itu bekerja dengan saling berinteraksi. Vitamin memerlukan mineral agar dapat bekerja, demikian juga sebaliknya. Tanpa adanya mineral yang dibutuhkan, vitamin tidak bisa bekerja dengan baik, begitu pun sebaliknya. Adapun mineral yang dibutuhkan oleh tubuh adalah 100 mg per hari.

Kandungan Theragran-M


Komposisi vitamin dan mineral yang pas di tubuh akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, hingga alergi-alergi yang biasanya muncul bisa dihindari. Pada intinya untuk mengindari alergi kita harus memiliki pola hidup yang sehat, memakan makanan bergizi, istirahat yang cukup dan olahraga.

Alergi tidak mudah muncul, hidup lebih sehat, hidup lebih bahagia. More Healthy, More Happy.


25 komentar:

  1. Allergi sulit disembuhkan hanya dijaga stamina dan pemicunya..
    Bagus tulisannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bu ina, penyakit seumur hidup hehe ... asal dijaga dia jinak sih :)

      Hapus
  2. Allergi sulit disembuhkan hanya dijaga stamina dan pemicunya..
    Bagus tulisannya.

    BalasHapus
  3. Saya juga punya alergi nih. Jadi mau deh konsumsi Theragrann, tapi beli di mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di apotik ada Tya, gak mahal kok. sepadan lah buat kesehatan

      Hapus
  4. Saya juga punya alergi nih. Jadi mau deh konsumsi Theragrann, tapi beli di mana ya?

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. r 2016 11.36

    Setuju mbak...alergi bisa dicegah dg menjaga stamina tubuh. Makasih artikelnya, secara anakku ketiga2 ya pengidap macam2 alergi. Baru dengar nih ttg Theragrann. Itu multivitamin kan ya? Aman buat anak2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba multivitamin. hanya saja sepertinya ini khusus untuk dewasa. segera diinfokan yaa kalo ada untuk anak anak. terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  7. Recomended nih multivitaminnya
    Apalg cuaca kyk gini gampang kena flu

    BalasHapus
  8. Recomended nih multivitaminnya
    Apalg cuaca kyk gini gampang kena flu..
    Alhamdulillah klu alergi sih blom pernah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba nunu, minum ini jadi lebih seger lho

      Hapus
  9. Benerr mba, aku pun punya alergi dan emang klo bablas ga bisa ngejaga, ya udah kambuh... recommended bgt ya theragran m ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba kalo alergi itu semacam kita yg atur. kalo pengen sehat yaa jaga badan, kalo malas ya gampang sakit. theragran sangat membantu bikin lebih seger deh

      Hapus
  10. Yup. Tentang kesehatan itu emang luar dalam, lahir batin ya. Olahraga, nggak stress dan asupan vitamin, 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesehatan yang utama adalah hati yang bahagia .... eeaaaa ... makasih sudah singga yaa

      Hapus
  11. aku suka cepet lemes. perlu vitaminnya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba inna, cobain deh. semoga cocok yaa. semoga sehat terus ya

      Hapus
  12. wah wah udah dari kecil ya mbak? Brarti penting banget menjaga daya tahan tubuh ya mbak, sehat2 mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dari kecil udah alergian. seharusnya udah bisa jaga diri yaa... tapi masih lupa diri xixixix

      Hapus
  13. wah, kayak kakak saya nih gejalanya. apa beliau rintis alergi juga ya?
    terimakasih sudah berbagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi mba, kalo berhubungan dengan hidung dan pernapasan. teerima kasih sudah singgah mba farida

      Hapus
  14. Tadi malam nonton drakor yang tokohnya punya alergi parah. Sereeem. Sampai sesak napas gitu. Sehat2 terus ya, Teh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hyaaa ampun drakor ... wah orang korea ada juga ya yg alergi ... kali gitu heheh ... makasih sudah singga yanti :)

      Hapus
  15. Baru tau kalau yogurt non gula bisa mencegah alergi gi mbak. TFS infonya :)

    BalasHapus