Minggu, 18 September 2016

Menjalani Hobi dan Pekerjaan Seiring Sejalan

            Mempunyai pekerjaan tetap sekaligus bisa melakukan hobi dengan maksimal adalah impian semua orang. Hobi bisa dijalani sangat mudah dengan sokongan dana dari pekerjaan tetap. Atau lebih bagus lagi jika hobi yang kita lakukan menghasilkan materi, atau sekaligus memang menjadi pekerjaan utama kita. Saya pernah mendengar tapi lupa siapa yang bicara, bahwa pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar.

Foto dari Pixabay

            Saya termasuk sempat tersesat dulu sampai menemukan hobi yang bisa saya jalani dengan menyenangkan, itu pun setelah benar-benar melepas pekerjaan saya dulu.
            Terkadang juga hobi atau passion tidak bisa ditemukan dengan cepat, selepas masa SMA beberapa orang masih galau menentukan jurusan kuliah mana yang harus diambil. Bingung passion mereka sebenarnya apa, sementara waktu sangat singkat untuk mereka menentukan. Hasilnya, ambil aja apa yang ada, atau kesempatan apa yang sekiranya masa depannya menjanjikan.

            Setelah bekerja atau bahkan ketika masih kuliah, baru menemukan hobi atau passion kita dimana. Beruntung kalau hobi bisa seiring sejalan dengan kegiatan utama, kadangkala hobi yang akhirnya harus diredam demi kehidupan nyata.
            Makanya anak muda, temukanlah hobi positifmu dan passionmu sesegera mungkin agar bisa menentukan langkah masa depan yang lebih membahagiakan. Atau kalau pun sudah terlambat seperti saya, saya bahkan sangat-sangat terlambat, jangan khawatir! Ini zaman adalah zaman terbuka yang siapa pun bisa mempelajari apa pun di usia berapa pun, sepanjang ada kemauan dan semangat.
            Sekarang ini, salah satu hobi yang sering saya lihat diantara teman-teman saya, juga sesuatu yang saya inginkan tapi belum pernah terwujud *kasihan* adalah traveling.
            Saya mengenal seorang cowok asal kota Riau yang sudah traveling ke banyak tempat, tetapi juga memiliki pekerjaan yang jauh dengan hobinya tersebut. Tapi keduanya dapat dia jalani dengan serius, terbukti saat ini dia sedang melanjutkan study untuk meningkatkan pekerjaannya.
            Namanya Enry Mazni, sehari-hari dia berprofesi sebagai Rekam Medis Informasi Kesehatan. Panjang nian nama profesi itu ya, maka kemudian disingkat jadi RMIK, atau cukup rekam medis saja. Profesi tersebut bertugas mengolah data pasien yang dibuat oleh doktera menjadi sebuah informasi yang berguna bagi pihak ketiga terutama pihak manajemen rumah sakit.
            Rekam medis itu seperti sebuah gudang informasi  rumah sakit, semua yang membutuhkan data pasien pasti berhubungan dengan bagian rekam medis. Terlebih zaman sekarang dengan penggunaan BPJS oleh masayarakat, profesi rekam medis sangat penting dalam memproses pengkaliman biaya BPJS.
            Nah, saya bertanya-tanya bagaimana Enry melakukan hobi travelingnya itu ditengah kesibukan dia bekerja di salah satu puskesmas ini? Dia mengaku selalu memanfaatkan week end dan tanggal merah, atau mengajukan cuti sekali-kali. Saat ini waktunya bahkan lebih luang karena Enry sedang menempuh pendidikan lanjutan, jadi dia memiliki waktu yang lebih fleksibel.
Enry Mazni di situs Megalitikum Gunung Padang

            Sampai saat ini Enry sudah mengunjungi banyak tempat baik di Indonesia, maupun di negara-negara Asean. Rencana terdekatnya dia ingin mengunjungi Kashmir atau Nepal, tujuannya sangat sederhana, dia hanya ingin melihat salju karena jika harus pergi ke Eropa biayanya terlalu mahal, katanya.
            Pengalaman Enry dalam traveling banyak sekali diulas di www.enrymazni.com, untuk yang memiliki hobi yang sama, menurut saya catatan-catatan Enry sangat lengkap untuk jadi referensi sebelum perjalananmu.
Blognya Enry Mazni

            Enry punya tips-tips nih untuk bisa traveling atau backpaker an yang hemat dan tetap aman.

1.      Untuk bisa menghemat Enry selalu update informasi promo masa-promo maskapai, dengan menjadi anggota atau member gratis pun setiap perusahaan maskapai mengadakan promo pasti mereka mengirim email, memberi informasi.
2.      Atau supaya  lebih murah belilah tiket jauh-jauh hari, bahkan tiket untuk 5 bulan sampai 1 tahun kedepat nry sudah beli sejak sekarang.
3.      Untuk traveling aman, Enry menyarankan jangan memakai atau menggunakan barang-barang yang mengundang kejahatan dan harus selalu waspada.
4.      Agar tidak mudah tersasar dan gampang menentukan destinasi wisata perbanyak informasi tentang daerah yang akan dikunjungi, bisa artikel atau apa saja sebagai bahan referensi.
5.      Untuk membantu dalam berhemat, bisa bergabung dengan beberapa komunitas traveling di daerah yang akan dituju. Setidaknya bisa memberikan jadwal perjalanan dan siapa tahu bisa mendapatkan penginapan gratis.

Sebelum mengunjungi suatu tempat, ada 5 hal yang biasanya Enry cari tahu terlebih dahulu, yaitu :

1.      Most Place to Visit
2.      Hostel/ Domitory
3.      Transportasi tempat tujuan
4.      Lokasi makanan, terutama jika berkunjung ke tempat yang minoritas muslim, harus mencari tahu dimana bisa mendapatkan makanan yang halal.
5.      Selalu baca referensi dari berbagai sumber.
Untuk lebih mengenal Enry Mazni, mungkin untuk lebih kepo atau mencuri pengalaman travelingnya bisa kontak dia di :
            FB : Enry Mazni
            FP : enrymaznidotcom
            IG : Enry Mazni
            Email : enriedunant@yahoo.co.id

Enry bersama teman-teman backpackernya




10 komentar:

  1. Senang bisa mengenal Mas Enry. Saya kok jadi pingin jalan-jalan juga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuuu jalan jalan kitaa sama sama pasti seruuu

      Hapus
  2. ahh mas enry ini emang selalu bikin iri....iri karena punya banayak waktu untuk travelling sementara saya tidak hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang nih cowok satu satunya cuma bikin mupeng bin baper yak mba wakakka

      Hapus
  3. woow mr. sibuk jalan2 ini bikin ngiri deh jalan2 trs, keren :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kita grup emak rempong masih baru sebatas menikmati foto foto mereka aja ya mba hehe

      Hapus
  4. Woow... keren nih tips dr mas enry

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyooo ngasih tipsnya kudu ditanya tanya dulu dia mah xixixi

      Hapus
  5. paling enak tuh emang kalo kerjaan itu sesuai hobi, kalo pun capek ya balik lagi inget kalo itu hobi, hehehe

    salam,
    ara

    BalasHapus