Jumat, 29 Juli 2016

Mengelola Banyak Blog ala Emak Riweuh

Kali ini saya ingin mengulas tentang mba Inna Riana, blogger yang sukses mengusung brand Emak Riweuh. Sama seperti saya, always riweuh every day. Sama-sama punya anak 3 dan tanpa asisten rumah tangga. Tapi kegiatan mba Inna ini ditambah dengan mengelola toko obat miliknya, jadi saya kira pasti lebih riweh.

Mba Inna Riana dengan kedua putranya

Mba Inna sedikitnya punya 6 blog, meski yang aktif saat ini hanya 3 yang dikelola. Diantaranya ada www.innariana. yang tag line nya "Cerita Emak Riweuh". www.emakriweuh.com dengan tag line "A Happy Hectic Mom", dan blog www.dapurngebut.com dengan tag line  "Masak Cepat dalam Waktu Singkat."

 

 Emak Riweuh yang bernama lengkap Riana Wulandari ini punya agenda khusus untuk ngeblog, supaya postingan diblog-blognya terus terisi. Mba Inna mengaku 3 kali seminggu untuk posting blog. Tapi terkadang kalau lagi rajin mba Inna bisa posting sampai 3 kali dalam sehari.
Siang ini kebetulan saya ngobrol-ngobrol dengan mba Inna. Ternyata beliau pernah menerbitkan buku yang berjudul Heart Ring di tahun 2014. bersama-sama dengan komunitas Warung Blogger. Kalau ngobrol dengan orang yang klik dengan kata kunci ‘buku’ radar saya suka langsung berdiri. Rasanya bertemu dengan teman yang punya hobi sama itu, sesuatu banget hehehe …
Buku bacaan yang Mba Inna suka seputaran genre komedi, cerita-cerita ringan dan fantasi ^novel saya juga ringan-ringan kok, mba^ hehehe … langsung promo. Mba Inna mengaku suatu hari nanti ingin belajar menulis fiksi dan non fiksi. “di kepala udah banyak nih ide untuk nulis.” Aku Mba Inna. 
Wanita lulusan Universitas Padjajaran, jurusan Kesejahtraan Sosial ini aktif ngeblog sejak tahun 2011. Beliau pernah masuk finalis 50 besar Srikandi Blogger 2014. Karenanya mba Inna pernah berkesempatan berkunjung ke kantor Google Indonesia di Jakarta.
Beberapa tahun lalu mba Inna aktif datang ke beberapa acara blogger, tapi sekarang, seiring dengan keriweuhan yang bertambah, mba Inna jarang datang ke acara Blogger di luar kota. Yang ia datangi hanya seputaran daerah Bogor, agar mba Inna tidak harus meninggalkan tiga jagoannya terlalu lama.
Tapi meski jadi agak jarang datang ke acara blogger, mba Inna masih terus menjalin silaturahmi dengan beberapa blogger lainnya. Tipsnya untuk menyambung silaturahmi dengan sesama blogger antara lain, usahakan saling mengunjungi atau istilahnya blog walking ke teman-teman yang sudah komen di blog kita, aktif di grup atau komunitas Blog. Karena dari sana informasi tentang kegiatan blog jauh lebih banyak, untuk sesekali bertemu atau kopi darat dengan blogger yang lain.
Sama halnya dengan emak riweuh kebanyakan, kendala menulis kita pasti dibagian waktu yang sempit untuk menulis. Mba Inna ini menulis pagi hari sekalian jaga toko, menjelang sore ketika anak-anaknya mengaji. ^Lumayan, mak, saya kalau balita tidur aja, dan seringnya itu enggak sampai 1 jam^
Blog mba Inna ini tampilannya kece-kece dan rapi, deh. Wah, obrolan bakalan terus berlanjut nih buat nanya-nanya gimana caranya merapikan blog. 
Sebagai sesama emak yang always riweuh, saya suka sekali dengan postingan mba Inna tentang ibu yang tidak boleh sakit di sini. Sepakat banget dengan semua isinya, berikut tips-tipsnya untuk para ibu yang sakit sangat bermanfaat untuk saya.





Penampilan Blog mba Inna yang kece-kece.

Untuk yang penasaran bagaimana bisa mengelola banyak blog dan konsisten, bisa tanya-tanya mba Inna langsung ke
Facebook: Inna Riana 
Twitter: @EmakRiweuh
Instagram: @innariana
Email: helloinnariana@gmail.com 





2 komentar:

  1. aih makasih banyak, mba adya :*
    mari tetap semangat riweuh bersama :D

    BalasHapus
  2. wah kesamaan emak2 dmnapun adl ke-riweuhan-nya ya, tp cara mengelolanya yg beda2. Semangat^^

    BalasHapus